Tips Berorganisasi yang Benar

                                                        Tips Berorganisasi yang Benar



 

Organisasi-Pernahkah dari kalian yang ikut berorganisasi di sekolah maupun di kampus atau yang lain?.Bagaimana rasa ya berorganisasi?

Berorganisasi itu akan membuat diri kita itu rugi ataupun membuang waktu,itu semua tidak perlu kalian takutkan,pasalnya kalau kalian berorganisasi di sekolahan maupun di kampus itu bakalan mendapatkan banyak ilmu yang sangat bermanfaat untuk kedepannya.

Langsung saja ke pengertian apa itu organisasi?

A. Pengertian

Organisasi adalah sekelompok orang yang lebih dari satu atau dua orang di dalam suatu wadah yang mempunyai satu tujuan yang sama.tujuan tersebut nanti nya akan di wujudkan bersama-sama denganseluruh anggota  atau pengurus organisasi tersebut dengan bekerja sama dengan pihak yang bersangkutan.

 

Tapi ada kalanya dalam kita berorganisasi pasti di hadapkan oleh suatu problem internal maupun eksternal.Dalam berorganisasi pun sebenarnya tidak boleh asal ikut organisasi saja,tetapi harus memiliki tujuan dan niat yang kuat.

Nah langsung saja kita bahas tips berorganisasi yang baik dan benar.

1. Niat dan Komitmen

Untuk bergabung di sebuah organisasi tentu nya karena diri kita sendiri yang mau dan tanpa paksaan atau dorongan darii orang lain.berorganisasi yang baik harus  mempunyai niat dari diri sendiri,jika sudah ada niat untuk berorganisasi pastinya memiliki komitmen yang harus di pegang selama bergabung di organisasi.

2. Organisasi harus memiliki visi dan misi

Dalam bergabung suatu organisasi harus mempunyai visi dan misi yang jelas sehingga ada tujuan yang harus di capai,sehingga sebuah organisasi akan terarah dan berorganisasipun bisa terjalin kerja sama dan hubungan yang baik.mengikuti suatu organisasi akan lebih semangat jika memiliki tujuan yang harus di gapai.

3. Patuh pada aturan organisasi

Dalam suatu organisasi tentunya akan ada peraturan,hal itu kita harus mematuhi peraturan tersebut dan tidak untuk melanggarnya. Adanya peraturan tersebut agar terciptanya organisasi yang tetap kondusif dan terarah,karena dalam berorganisasi kita tidak boleh sembarangan dan seenaknya melakukan sesuatu sesuka kita.

4. Bekerja sesuai tugas jabatan masing-masing

Setiap orang yang bergabung dalam organisasi pastinya memiliki tugas atau divisi dalam organisasi tersebut,tiap orang berbeda-beda.dalam bergabung ke organisasi kamu pasti biasanya akan tergabung dalam divisi yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Tugas yang sudah di berikan akan di kerjakan dalam masing-masing divisi,alangkah baiknya jika kita saling membantu sama lain tetapi dengan catatan jangan terlalu sibuk mengurus tugas divisi lain sedangkan tugas mu sendiri tidak maksimal.

5. Disiplin

Disiplin adalah hal yang penting juga dalam berorganisasi. Dalam suatu organisasi tentunya sering mengadakan suatu kegiatan atau program kerja yang harus di laksanakan setiap tahun. Tentu saja ketika mengadakan suatu kegiatan atau program kerja organisasi itu butuh persiapan,mengadakan banyak rapat,diskus,dan mematangkan kepanitiaan dalam suatu kegiatan tersebut. Sehingga dalam kondisi seperti itu kamu harus berkomitmen untuk datang tepat waktu dalam rapat ataupun dalam kegiatannya dan bertanggung jawab pada program kerja yang akan kamu selenggarakan.

6. Bertanggung jawab

Menjadi suatu bagian dari organisasasi (pengurus) itu kita harus bisa bertanggung jawab dengan tugas yang sudah diberikan. Makannya sejak awal sebelum kita bergabung ke suatu organisasi kita di haruskan untuk mempunyai niat dan komitmen yang kuat,karena dalam organisasi tentunya kita akan mempunyai banyak program kerja dan pastinya membutuhkan kontribusi nyata untuk membangun program kerja tersebut.

Sebagai  bagian dari organisasi harus bertanggung jawab dengan tugas yang sudah di berikan jangan sampai ketika sudah di beri tugas kamu malah tidak melaksanakan tugas kamu sebagai pengurus organisasi.

7. Profesional

Berorganisasi tentunya harus mengutamakan profesional dalam organisasi. Segala tugas harus di kerjakan sesuai dengan tugas yang sudah di berikan,selalu adil dan tidak memihak siapapun. Profesional dalam organisasi itu banyak hal,contoh dalam berorganisasi kita tidak boleh membawa urusan pribadi atau urusan luar ke organisasi.

8. Saling terbuka

Saling terbuka sesama anggota sangatlah penting. Karena kamu akan di hadapkan dengan berbagai karakter tiap anggota atau rekan organisasi,yang tentunya hal itu harus membuat kamu untuk bersabar.

Kamu bisa mengevaluasi organisasi mu agar terbuka satu sama lain dan tidak memendam masalah atau emosi. Hal itu sangat berguna agar bisa menemukan suatu solusi dalam setiap problem.

9. Jangan egois

Jujur sangat di utamakan dalam berorganisasi. Sifat jujur itu sangat penting dimanapun kamu berada,terutama pada saat bergabung dalam suatu organisasi,karna dengan sifat jujur maka organisasi juga akan berjalan dengan baik.

 

B. Manfaat

1. Membentuk mental individu menjadi lebih berani dalam mengungkapkan pendapat di depan umum.

2. Menambah pengalaman yang akan berguna di masa yang akan datang

3. Mampu menghadapi segala tekanan yang ada

4. Mampu memanajemen waktu dengan baik

5. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi

6. Memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dan masih banyak lagi.

 

Nah itu adalah beberapa cara berorganisasi dengan baik,jadi jangan takut rugi untuk bergabung dalam organisasi.dengan berorganisasi itu akan membuat kita menjadi lebih baik.
Jadikan kamu sebagai contoh orang di sekitar lingkungan kamu

 dipuji tidak akan terbang di hina tidak akan tumbang

jangan lupa untuk mengunjungi kami

Komentar

  1. Bermanfaat sekali informasi nya, jadi tambah semangat untuk berorganisasi dikampus ku 😀

    BalasHapus

Posting Komentar